Waspadai! Inilah 3 Penyebab Mengejutkan Kanker Lidah yang Harus Anda Tahu

Kanker lidah merupakan salah satu jenis kanker yang tumbuhnya pada bagian sel-sel lidah. Kanker lidah ini sering tumbuh dan berkembang pada sel skuamosa yang berada di permukaan lidah.

Perlu diketahui bahwa sel skuamosa adalah sel yang berbentuk datar dan pipih dan biasanya melapisi mulut dan tenggorokan. Kanker lidah biasanya menyerang sel skuamosa tersebut. Maka dari itulah, kanker lidah yang berawal dari sel skuamosa disebut dengan kanker sel skuamosa.

Apakah Anda tahu bahwa lidah manusia terdiri dari dua bagian? Bagian pertama adalah bagian depan yang berada dalam mulut, sedangkan bagian kedua adalah bagian pangkal atau belakang yang berada di dekat tenggorokan. Dan ternyata, kanker lidah ini dapat tumbuh dan berkembang pada kedua bagian lidah tersebut.

Sebenarnya, penyebab utama dari kanker lidah belum diketahui dengan jelas. Namun, ada beberapa penyebab yang berasal dari gaya hidup atau keseharian manusia. Untuk mengetahui penjelasannya dengan jelas, di bawah ini kami berbagi informasinya.

3 Penyebab Mengejutkan Kanker Lidah

  1. Merokok
    Rokok yang diketahui mengandung banyak zat berbahaya dapat menyebabkan terjadinya kanker paru-paru. Selain kanker paru-paru, ternyata rokok juga dapat menyebabkan kanker lidah.Yang harus Anda waspadai dari rokok adalah asap rokok yang biasanya disepelekan. Perlu diketahui bahwa asap rokok yang mengepul pada bagian rongga mulut dan lidah dalam waktu yang lama, ternyata menjadi penyebab dari kanker lidah.Selain asap rokok, kebiasaan merokok yang terlalu sering juga dapat menyebabkan kanker rokok. Kebanyakan penderita kanker lidah adalah perokok aktif. Jadi, masih maukah Anda merokok?
  1. Mengonsumsi Minuman Beralkohol
    Mengonsumsi minuman beralkohol yang terlalu sering dalam jumlah yang banyak ternyata dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker lidah. Apalagi jika mengonsumsi alkohol ditambaha dengan merokok, maka risiko terjangkit kanker lidah semakin meningkat.Minuman beralkohol memang tidak mengandung zat karsinogenik, yang mana zat karsinogenik ini merupakan zat yang dapat menyebabkan kanker. Namun ternyata, minuman beralkohol mengandung etanol. Perlu diketahui bahwa etanol adalah senyawa yang dapat membuat penyerapan zat karsinogenik penyebab kanker, lebih mudah untuk diserap.
  1. Kebersihan Mulut yang Rendah
    Kanker lidah berkaitan dengan luka yang terjadi pada mulut dan tidak kunjung sembuh. Luka ini dapat terjadi karena sariawan yang sangat sering muncul dan tidak kunjung sembuh.Maka dari itulah, merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut. Mengobati luka yang terjadi dalam mulut karus dilakukan sesegera mungkin.Keadaan mulut yang tingkat kebersihannya rendah dapat menyebabkantumbuhnya sel kanker. Salah satunya yaitu kanker lidah. Maka dari itu, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut.

Itulah penjelasan terkait 3 penyebab kanker lidah yang berasal dari gaya hidup. Sebelum terjadi kanker lidah, usahakan untuk menghindari hal-hal tersebut. Lebih baik mencegah daripada mengobati bukan?