Sugar Pineaviators Blog

Asal Usul Kubah Masjid

Asal Usul Kubah Masjid

Perkembangan dunia arsitektur islam memang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Salah satu hasil perkembangan ilmu arsitektur islam dapat kita lihat dari desain arsitektur pada bangunan masjid dan kubah masjidnya. Banyak dari masyarakat yang menciptakan desain kubah masjid yang megah dan menonjolkan nilai estetika, namun sudah tahukah anda tentang sejarah harga kubah masjid?

Sama seperti menara masjid, pada zaman kepemimpinan Rasulullah banyak bangunan masjid yang belum menggunakan kubah, bahkan kubah masjid belum dikenal oleh masyarakat di kala itu. Menurut Prof. K Cresswell seorang ahli arsitektur terkemuka di dunia menyatakan pendapatnya dalam early muslim architecture bahwa pada masa awal pendirian masjid, bahkan masjid Madinah belum mengenal pembuatan kubah masjid. Ia menambahkan bahwa dalam rekonstruksi arsitekturnya masjid madinah dibangun oleh nabi Muhammad SAW dengan desain yang sangat sederhana. Arsitektur awal dari masjid madinah berbentuk segiempat dan dibatasi oleh dinding di sekeliling bangunan masjid. Pada bagian dalam dinding bangunan masjid dibangun serambi yang langsung berhubungan dengan lapangan terbuka di bagian dalam bangunan masjid.

Kubah sendiri bukan berasal dari arsitektur islam, karena memang tidak ada ajaran agama islam yang membawa secara langsung tradisi atau budaya fisik pada masjid. Agama islam juga tidak mengajarkan secara nyata tentang tata cara atau aturan dari bentuk arsitektur bangunan masjid. Hal ini dikarenakan agama Islam mengajarkan dan memberikan kesempatan pada umatnya untuk menentukan pilihan fisik dan mengembangkannya sesuai dengan akal budi manusia. Sehingga seiring berkembangnya zaman dan ilmu arsitektur kubah muncul sebagai penutup bangunan masjid.

Hampir semua kebudayaan memiliki kearifan dan ciri khas masing – masing. Peradaban yang pertama kali menemukan dan mengembangkan kubah adalah bangsa Mesotopamia pada 6000 tahun yang lalu. Kebudayaan ini kemudian terus berkembang sampai pada abad ke – 14 ditemukan sebuah makan yang memiliki kubah yang disebut dengan tholos tombs. Selain pendapat ini ada pula yang menyatakan bahwa pertama kali kubah muncul pada kekaisaran romawi pada tahun 100 M. salah satu bukti dari penemuan ini adalah berdirinya bangunan kuil di kota roma yang dibangun oleh Raja Hadria. Perkembangan arsitektur kubah mengalami perubahan yang pesat pada awal masa Kristen dan pada era kekuasaan bizantium, kaisar Justinian membangun sebuah kubah kuno yang sangat megah.

Secara historis bangunan masjid pertama kali yang dibangun dengan menggunakan kubah adalah masjid Umar di Yerussalem. Masjid ini lebih dikenal dengan nama masjid kubah batu atau dome of rock. Kubah ini dibangun pada tahun 685 M – 691 M. ornament yang digunakan dalam kubah batu adalah hiasan dengan bentuk geometris, tanaman rambat, dan ornament kaligrafi.

Sejak saat itu arsitek muslim terus mengembangkan desain arsitekur kubah masjid yang megah dan indah. Perubahan bentuk kubah juga disesuaikan dengan perkembangan zaman dan budaya yang berlaku di daerah tersebut. Oleh karena itu bentuk kubah masjid pada saat ini sangat beragam dengan ciri khas dan keunikan tersendiri. Apabila anda tertarik untuk melihat desain kubah masjid yang unik lainnya anda dapat mengunjungi website https://www.produsenkubahmasjid.com/