Sugar Pineaviators Blog

Berenang adalah Olahraga Terbaik untuk Kesehatan

Renang baik untuk kesehatan, karena semua bagian organ tubuh terlibat secara aktif, dan bagi yang hobi renang, sering kali dianggap bukan olahraga melainkan sarana rekreasi yang bersifat fun” ujar dr. Juliana Menurut dr. Juliana, hampir semua organ tubuh kita mendapat manfaat dari olahraga renang, misalnya organ otak, renang baik untuk kesehatan otak karena ketika renang, darah yang dipompa ke otak jauh lebih banyak sehingga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. “Pada saat berenang, tubuh juga mengeluarkan hormon endorfn sehingga membuat perasaan lebih senang, mood membaik, dan juga menurunkan stress” jelas dr. Juliana Ng. Menurut Juliana, renang juga sangat baik untuk kesehatan jantung.

Penelitian menunjukkan olahraga aerobik seperti renang dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL), serta meningkatkan kolesterol baik (HDL) sehingga menurunkan risiko serangan jantung dan stroke, papar dr. Juliana lagi. “Khusus untuk organ paru, berenang baik untuk penderita asma dan juga meningkatkan kapasitas paru. Ada hal menarik seputar asma. Penderita asma dibolehkah berenang sehingga anda tidak mudah terserang asma” ujar dr. Juliana. Menurut dr. Juliana Ng, hampir semua otot bekerja pada saat renang, kondisi ini sangat dianjurkan kesehatan, baik untuk penderita nyeri sendi misalnya. “Renang juga baik untuk sendi dan tulang karena merupakan olahraga low-impact yang aman untuk sendi-sendi.

harga genset perkins untuk kolam renang

Tidak seperti di atas darat, otot dan sendi dapat bergerak tanpa adanya tekanan ketika berada di dalam air. Maka dari itu olahraga renang baik untuk penderita nyeri pada sendi misalnya osteoarthritis. Usia ideal untuk seorang anak belajar renang menurut penelitian dari American Academy of Pediatrics (AAP) adalah usia 4 tahun atau lebih. Hal ini dikarenakan anak usia 4 tahun atau lebih dianggap sudah matang untuk mengikuti pelajaran renang, serta menurunkan risiko tenggelam pada anak di bawah 2 tahun.

Namun AAP tidak melarang anak di bawah 4 tahun untuk belajar renang karena adanya penurunan kasus tenggelam. Yang terpenting adalah pengawasan saat anak sedang berenang. Ada hal menarik seputar penderita asma. Penderita asma diperbolehkan untuk berenang karena renang adalah olahraga aerobik yang dapat membantu penggunaan oksigen secara efsien oleh tubuh. “Berenang dapat menurunkan tingkat keparahan serangan asma, sekaligus mengurangi penggunaan obat. Tak hanya itu, renang juga dapat meningkatkan ambang rangsang alergi, sehingga Anda menjadi tidak mudah terkena serangan asma” jelasnya yang menekankan betapa penting renang bagi penderita asma ini.

Menurutnya, penderita asma yang ingin berenang lebih dianjurkan di kolam renang yang tidak mengandung klorin karena klorin yang terhirup diduga dapat memicu serangan asma. Penderita asma juga harus berhati-hati untuk tidak berenang pada saat udara dingin, karena dapat memicu serangan asma juga.

Diabetes Terhadap Aktivitas Renang

Pada penderita diabetes mellitus dan gagal jantung, olahraga renang masih bisa dilakukan namun harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Begitu pula dengan penderita nyeri punggung bawah akibat Herniated Nucleus Pulposus (HNP), setelah berkonsultasi dengan dokter Anda, gaya renang yang disarankan adalah gaya bebas dan gaya punggung. Menurut dr. Juliana, ada beberapa kondisi dimana seorang tidak diperkenankan renang. Yang tidak diperbolehkan untuk berenang adalah pasien yang sedang demam karena infeksi; penderita asma dalam serangan asma akut; yang sedang mengalami infeksi pada telinga, hidung dan tenggorokan; pasien yang memiliki luka habis dijahit dan luka belum kering; serta penyakit kulit seperti alergi atau radang. Apabila sudah dinyatakan sembuh maka bisa berenang kembali.

Sebuah kolam renang belum lengkap tanpa adanya genset sebagai sumber listrik untuk menggerakkan pompa air. Mesin genset yang terbaik adalah Perkins yang memiliki kualitas mesin awet dan irit. Kapasitas genset perkins 10 Kva sangat cukup untuk pompa kolam renang.