Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Kulit Kering.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Kulit Kering?

Permasalahan kulit kering banyak mengganggu beberapa wanita tidak terkecuali kaum pria. Kulit kering yang terjadi pada wajah membuat penampilan terlihat tidak cerah dan cenderung tua. Kulit kering merupakan terjadi karena kekurangan cairan pada lapisan laping luar.

Kulit kering tidak hanya dapat timbul pada wajah, tetapi juga di lengan, tangan dan kaki. Kulit kering yang terjadi pada setiap orang berbeda-beda tingkatannya tergantung dari beberapa faktor yaitu kondisi kesehatan, faktor cuaca dan usia.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Kulit Kering.

Gejala Kulit Kering

Kulit kering biasanya disertai dengan beberapa tanda seperti terlihatnya retakan halus pada kulit. Selain itu, kulit akan bersisik dan beberapa bagian akan mengelupas. Kulit menjadi terasa kaku dan permukaannya terasa kasar. Hal ini terjadi karena elastisitas kulit berkurang. Pada beberapa kasus yang lebih parah, kulit juga bisa mengalami retak lebih dalam dan dibarengi dengan keluarnya darah.

Penyebab Terjadinya Kulit Kering

Penyebab kulit kering dipicu oleh faktor ekternal dan internal. Cara mengatasi kulit kering dapat Anda lakukan secara efektif setelah mengetahu penyebab pasti kulit kering yang terjadi pada kulit Anda.

Penyebab Eksternal Kulit Kering

  • Mandi menggunakan air panas

Kelembaban kulit akan berkurang secara drastis ketika mandi menggunakan air panas, sehingga membuat kulit mudah kering. Alangkah lebih baik jika Anda memastikan temperatur air mandi tidak terlalu panas.

  • Mandi terlalu lama

Meskipun mandi menggunakan air yang bertemperatur suhu ruangan, nyatanya jika Anda mandi terlalu lama, kelembaban kulit juga dapat berkurang. Hal ini terjadi karena setelah mandi, air di permukaan kulit justru menguap dan membuat kulit kering.

  • Mengonsumsi obat tertentu

Jenis obat yang biasanya bisa memicu terjadinya kulit kering antara lain obat jerawat, darah tinggi dan kolesterol.

Penyebab Internal Kulit Kering

  • Faktor usia

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa faktor usia bisa membuat kulit menjadi kering. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, produksi pelembab alami kulit ikut menurun.

  • Faktor keturunan

Beberapa orang memiliki struktur kulit dan komposisi yang berbeda sehingga cenderung kering, dan inilah yang dapat di turunkan kepada anak cucunya.

Cara Mengatasi Kulit Kering Dengan Mudah

Mengatasi kulit kering sebenarnya tidaklah sulit, Anda hanya perlu konsisten menerapkan beberapa langkah berikut ini:

  • Perpendek durasi mandi

Mandi yang terlalu lama dapat menyebabkan kulit kering karena kelembaban kulit menjadi berkurang. Sebaiknya Anda mandi tidak terlalu sering dan durasi waktu setiap kali mandi cukup di bawah 10 menit saja.

  • Gunakan sabun yang bermanfaat untuk melembabkan kulit

Salah satu manfaat sabun Black Walet adalah untuk melembabkan kulit. Sabun ini terbuat dari minyak herbal seperti minyak zaitun, minyak kelapa selain bahan utamanya yaitu ekstrak air liur burung walet. Jika Anda menggunakan sabun Black Walet, tidak hanya kulit kering saja yang akan teratasi, tetapi juga permasalahan kulit lainnya seperti penuaan dini, flek hitam dan masih banyak lagi khasiat lainnya.

Itulah informasi mengenai gejala, penyebab dan cara mengatasi kulit kering dengan mudah. Perlu diperhatikan bahwa jika kulit kering terjadi karena peradangan, sebaiknya Anda konsultasikan kepada dokter kulit terlebih dahulu.