Sugar Pineaviators Blog

Keresahan Yang Muncul Bila Listrik Padam

Apa yang kalian kenal dengan kota Jakarta dan Bali? Ya, aktivitasnya yang tidak pernah berhenti, pagi hingga malam hari. Bali dengan ikon pariwisatanya, dan Jakarta dengan ikon ibukota dan gedung – gedung pencakar langitnya. Aktivitas yang tiada hentinya tersebut didukung dengan pasokan listrik yang juga nonstop. Listrik Indonesia dipasok dari Perusahaan Listrik Negara atau yang anda kenal sebagai PLN.

jual genset jakarta

Perusahaan Listrik Negara

PLN memasok kebutuhan akan listrik untuk seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jakarta dan Bali. Konsumen pengguna jasa PLN mulai dari kalangan perumahan, sampai dengan perusahaan dan pabrik – pabrik besar. Dalam pelayanannya, secara rutin PLN mengadakan perawatan dan pemeliharaan jaringannya. Ini tentunya untuk memberikan pelayanan yang prima terkait dengan pasokan listrik nantinya.

Hanya saja terkadang proses perawatan dan pemeliharaan (maintenance) rutin tersebut dilakukan dengan memadamkan listrik sementara. Listrik dipadamkan sementara di titik – titik lokasi maintenance sampai proses tersebut selesai. Tidak menjadi masalah yang besar apabila listrik dipadamkan sementara di kalangan perumahan, namun menjadi kerugian yang besar apabila terjadi di pabrik atau perusahaan besar.

Selain maintenance rutin yang dilakukan oleh PLN, padamnya listrik dapat disebabkan karena bencana alam, seperti yang terjadi belakangan ini. Bencana yang terjadi membuat pasokan listrik terganggu, dan akan sangat berbahaya dan menimbulkan bencana lainnya apabila listrik terus mengalir. Umumnya apabila hal ini terjadi, pasokan listrik sementara dihentikan PLN sampai dengan kondisi stabil.

Alternatif Penghasil Listrik

Dengan padamnya listrik, semua aktivitas pasti terganggu, termasuk pasca bencana. Untuk mengantisipasi hal tersebut, diperlukan alat yang mampu menghasilkan listrik dengan lebih aman. Alat penghasil tenaga listrik tersebut dinamakan dengan generator set atau yang kita kenal sebagai genset. Genset ini berisi seperangkat mesin penghasil listrik (generator) guna menghasilkan daya listrik dengan kapasitas tertentu.

Prinsip kerja genset yaitu mengubah tenaga mekanis menjadi energi listrik dengan induksi elektromagnetiknya. Tenaga listrik yang mampu dihasilkan oleh genset berkisar antara 10 – 2000 KVA. Sedangkan tenaga listrik yang dihasilkan oleh PLN dalam bentuk watt. Tidak perlu bingung, karena anda dapat mengkonversikan dalam bentuk watt, yaitu mengalikannya dengan satuan 0,8 (pada umumnya).

Kehadiran genset akan sangat bermanfaat apabila terjadi kondisi darurat yang membutuhkan pasokan listrik, public place, pabrik, perusahaan – perusahaan besar, namun tidak menjadi masalah apabila setiap rumah dilengkapi dengan genset. Apabila anda ingin melengkapi rumah anda dengan genset, belilah sesuai dengan kapasitas listrik rumah anda atau kapasitas genset yang sedikit lebih tinggi.

Bagi anda yang bertempat tinggal di Ibukota Jakarta, dengan segala kemudahan yang ditawarkan tentunya bukan suatu hal yang sulit untuk mendapatkan genset. Sudah banyak toko – toko, dan distributor genset di Jakarta. Anda dapat membelinya langsung di toko – toko tersebut atau yang lebih mudah lagi anda dapat melakukan pencarian jual genset Jakarta melalui internet.

Bagaimana dengan di Bali? Sebagai kota pariwisata, menjadikan Bali banyak yang membuka usaha kafe, hotel, dan tempat hiburan lainnya. Apabila listrik di Bali padam, tentunya mereka menyediakan alternatif pemasok listrik, yaitu genset. Sama halnya dengan Jakarta, anda dapat membeli langsung genset di toko – toko atau distributor jual genset pada wilayah Bali. Anda pun dapat mencarinya melalui internet.