Sugar Pineaviators Blog

Liverpool menginginkan kedalaman skuad dan gelar juara

Mulutmu harimaumu. Mungkin ini pepatah lama yang bakal diucapkan ribuan fan sepak bola Inggris kepada manajer Liverpool Juergen Klopp. Musababnya, dua tahun lalu, Klopp mencibir keputusan Manchester United menghamburkan duit 89 juta pound sterling atau sekitar Rp 1,6 triliun hanya untuk membeli satu pemain, Paul Pogba. Ketika itu Klopp mengatakan ia tak akan melakukan keputusan tersebut, meski jika klub memberinya duit sebanyak itu.

Faktanya, di bursa transfer musim dingin lalu, Klopp sudah menjilat ludahnya sendiri dengan membeli bek Virgil van Dijk dari Southampton dengan harga 75 juta poundsterling atau sekitar Rp 1,4 triliun. Kini, di bursa transfer musim panas 2018, Klopp semakin menjadi. Pelatih 51 tahun itu teramat aktif dalam bursa transfer. Sampai saat ini, Klopp sudah membeli empat pemain top, yakni Naby Keita, Fabinho, Xherdan Shaqiri, dan Alisson Becker.

baca juga : http://sugarpineaviators.com/yang-pasti-belum-tentu-asli/

Jika ditotal, Klopp sudah membuat Liverpool menghamburkan duit Rp 3,2 triliun. Belum puas, The Reds kini masih mengejar pemain AS Monaco, Nabil Fekir, dengan harga mencapai 60 juta euro atau sekitar Rp 1 triliun. Lalu, bagaimana pendapat Klopp? Tentu mantan manajer Borussia Dortmund itu puas. Ia sukses menggebrak tradisi di Liverpool. “Mungkin ini musim panas pertama kami tak jual pemain kunci. Sekarang kami lebih banyak beli pemain,” kata Klopp.

Di balik kacamatanya, pembelian empat pemain baru tak sekadar membuat skuad Liverpool jadi gemuk. Justru membuat skuad The Reds semakin dalam dan lengkap. Toh, sampai detik ini, tak ada pemain lama yang mengeluh. “Mereka paham betul Liverpool butuh kualitas dan punya ambisi memenangi sebuah piala. Kami ingin mendapat gelar juara,” kata dia.

Beruntung bagi Klopp, petinggi klub mendukung aksi belanjanya. Bos besar Liverpool, Tom Werner, pada 26 Mei lalu—sehari sebelum laga final Liga Champions—sudah memutuskan untuk belanja besar-besaran di bursa transfer musim panas 2018. Werner ingin skuad The Reds lebih kuat pada musim 2018/2019 dan memenangi setidaknya satu piala.

“Kami akan datangkan para pemain yang bisa menghadirkan kesuksesan lebih banyak lagi di klub,” kata dia. Lalu, mampukah Liverpool menyuguhkan kejutan yang lebih hebat dibanding musim lalu? Patut untuk dilihat pada musim 2018- 2019. Namun, sebelumnya, mari kita saksikan kelanjutan pemain anyar yang akan didatangkan ke Stadion Anfield.