sablon kaos

Mengenali Jenis Sablon Karet

Sablon kaos merupakan peluang berbisnis yang masih digemari hingga saat ini. Selain dari peralatan sablon yang sederhana dengan harga yang terjangkau, pangsa pasar dari sablon kaos memang tidak ada surutnya. Berbagai teknik sablon kaos pun mewarnai perdagangan sablon mulai dari teknik manual yang masih menggunakan alat cetak manual hingga teknik digital yang menggunakan printer. Namun, kualitas dari teknik sablon manual pun masih menjadi favorit para produsen karena menghasilkan produk dengan harga yang lebih terjangkau.

Salah satu teknik manual dalam sablon kaos yaitu menggunakan Rubber/Karet

Sablon dengan jenis rubber / karet merupakan teknik sablon manual yang paling populer saat ini. Sesuai dengan namanya yaitu sablon rubber, bahan dari sablon ini merupakan karet. Karet dipilih karena memiliki tingkat elastisitas tinggi dan memiliki kepadatan yang luar biasa jika ditumpuk di kaos, sehingga hasil dari sablon yang menggunakan karet akan tertutup sempurna dan rapat.

Bahan rubber pun menjadi favorit para pengguna karena selain bentuk dari sablon yang rapi, sablon rubber dapat dipadu padankan dengan segala warna kaos, mulai dari kaos yang berwarna terang hingga gelap. Sablon dengan jenis karet biasanya dimanfaatkan untuk underbase. Apa itu underbase? Underbase merupakan tinta dasar untuk menutup warna kain sebelum dilakukan penyablonan warna, biasanya digunakan untuk kaos yang berwarna gelap khususnya hitam.

Selain memiliki bahan yang elastis, sablon karet dikenal awet dan bisa di setrika apalagi jika ditambah dengan bahan pelapis lainnya, sablon akan lebih awet dan bertahan lama mengikuti kain.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang sablon kaos jenis rubber, berikut kami rangkumkan beberapa fakta menarik tentang sablon rubber

  1. Memiliki bahan utama karet
    Sesuai dengan namanya, sablon rubber memiliki bahan utama yaitu karet. Karena memiliki bahan utama karet, maka sifat dari sablon ini menutup serat kain dan cenderung timbul. Hasil dari tinta sablon jenis ini yaitu menghasilkan sifat elastis.
  2. Berbahan dasar air
    Meskipun memiliki bahan utama karet, sablon karet ternyata berbasis air atau water based yang artinya tinta sablon ini mampu menyatu dengan air dan bisa diolah dengan campuran air. Fungsi dari air ini untuk membersihkan sisa tinta dari sablon yang menempel pada screen, berbeda dengan tinta yang berbasis minyak, yang harus menggunakan zat tertentu untuk pembersih. Selain untuk membersihkan screen, air bisa juga digunakan untuk mengurangi warna pada tinta
  3. Memiliki banyak nama
    Tinta rubber ini akrab disebut dengan berbagai nama. Beberapa nama yang dimiliki oleh sablon jenis ini yaitu cat GL, karet GL, pasta, dan lain sebagainya. Selain digunakan untuk pembersih, air dalam kadar yang sedikit juga bisa digunakan untuk mengurangi tingkat warna pada tinta rubber.
  4. Bisa digunakan di kaos berwarna gelap
    Untuk tinta jenis ini dikenal ampuh untuk menutupi permukaan kain yang berwarna gelap, bahkan hitam sekalipun. Untuk sablon kaos hitam, dibutuhkan tinta sablon dengan warna putih. Hal ini ditujukan untuk menutup dan melapisi lapisan serat kain sehingga warna selanjutnya bisa timbul dan jelas di atas permukaan kain.
  5. Harga terjangkau
    Sablon ini merupakan jenis tinta yang cenderung lebih murah dibandingkan jenis tinta lain misalnya plastisol yang memiliki harga 100 ribu hingga 300 ribu per kilo, tinta rubber hanya berkisar 50 ribu per kilo.
  6. Mudah dirawat
    Sablon dengan jenis rubber aman untuk disetrika dengan jangka waktu tertentu, meskipun aman, jangan terlalu lama untuk menyetrika sablon jenis rubber karena akan merusak kualitas sablon

Nah, itu dia untuk beberapa fakta menarik tentang sablon kaos dengan jenis karet / rubber yang perlu Anda ketahui. Jadi, Anda bisa memilih jenis sablon sesuai dengan kebutuhan Anda.