Sugar Pineaviators Blog

Perkembangbiakan Rayap Besar

Rayap merupakan jenis seragga yang mempunyai sifat dan perilaku yang mirip dengan semut. rayap dapat berteman dengan semut bahkan bentuknya mirip sekali dengan semut, hanya saja ukuranya lebih besar dari pada semut. rayap dan semut juga mempunyai perilaku yang mirip sehingga disebut sebagai serangga sosial. rayap hidup dalam koloni, dimana dalam koloni rayap ini  sangat kuat. rayap besar atau rayap dewasa dapat memakan dan mencerna kayu karena dalam rayap terdapat flagellata yang dapat mencerna kayu. dimana flagellata ini dapat menghasilkan enzim yang dinamakan selulose.

Rayap dapat mengalami perubahan kulit secera periodik. dimana pada saat kulit rayap terkelupas, maka usus rayap tersebut ikut terkeluas juga sehingga flagellata akan ikut terbawa oleh usus tersebut. dan sebagai cara untuk mendapatkan kembali flagellata yang hilang itu maka rayap akan memakan kulitnya yang terkelupas tersebut. Sebenarnya makanan utama rayap adalah kayu. namun, yang diambil dari kayu tersebut adalah selulosanya. selulosa juga terdapat dalam rumput, kertas, serabut kelapa, kulit tanaman dan juga tekstil. namun, ada juga jenis rayap yang memakan jamur, khususnya yang masih muda serta ada juga yang mengkonsumsi tanah sebegai asupan makananya. Layanan jasa pembasmi rayap Jakarta akan dapat membantu anda semua yang berada di wilayah Ibukota.

Rayap besar ini dapat hidup dengan adanya flagellata dalam ususnya. tanpa adanya flagella tersebut maka rayap tidak dapat memakan apapun, terasuk kayu. karena dengan adanya flgellata maka rayap akan dapat memakan kayu dengan mudah.  rayap merupakan salah satu jenis dari serangga yang hidup dalam koloni. sehingga rayap mempunyai berbagai susunan atau anggota koloni seperti raja, ratu, pengawal dan pekerja, dimana semua anggota koloni terebut mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda- beda. selain itu, terdapat pula rayap yang bisa terbang. tidak semua jenis rayap bisa terbang, terdapat pula rayap yang hidup di dalam kayu, di dalam tanah, di dalam pohon dan sebagainya. dengan begitu dapat disimpulkan bahwa rayap bisa berada dimana saja serta rayap juga dapat memakan apapun asalkan didalamnya terdapat selulosa.