Perlukah Imunisasi Di Usia Sekolah Bagian 3

Untuk anak usia 7 tahun atau lebih dan belum pernah mendapatkan imunisasi, maka diberikan TD saja. TD 1 dan 2 dengan interval 1-2 bulan, selanjutnya TD 3 diberikan 6-12 bulan kemudian. Booster atau ulangan diberikan dengan interval 1 tahun sampai dosis total 5x pemberian. Contoh lain, imunisasi Hepatitis B. Pada anak yang sama sekali belum pernah diberikan, dia tetap mendapat 3 kali pula imunisasi, yaitu saat sekarang, satu bulan kemudian, dan 6 bulan. Intervalnya sama dengan seperti yang diberikan pada bayi yang baru lahir.

Jenis imunisasi influenza pada anak

Ada pula pemberian dosis imunisasi yang berbeda, misalnya pada in­fluenza. Anak di bawah usia 3 tahun pemberiannya sebanyak 0,25 ml, sedangkan di atas 3 tahun dosisnya 0,5 ml. Untuk imunisasi Pneumokokus di usia balita pemberiannya di usia 2 bulan, 4 bulan, dan 6 bulan serta 1 tahun. Jika di usia balita tidak lengkap, maka pemberiannya cukup satu kali lagi di usia SD. Efektifkah pemberian imunisasi yang sudah terlewat tersebut jika dilakukan pada anak usia sekolah dasar? Efektif dan bermanfaat untuk memberikan kekebalan tubuh bagi anak tersebut dalam hal mencegah penyakit.

Tetapi, jika anak telah terkena penyakit sebelum mendapatkan imunisasi, maka pemberian imunisasinya dapat tidak diberikan lagi. Contoh, anak terkena cacar air sebelum mendapatkan imunisasi varisella atau cacar air, maka imunisasi Varisela tidak perlu diberikan/tidak dianjurkan lagi karena sudah ada kekebalan dalam tubuhnya terhadap penyakit tersebut yang didapatkan pada saat anak sakit. Imunisasi ini dapat bertahan selama hidup. Imunisasi apa saja yang biasanya dilakukan di sekolah-sekolah? Umumnya Campak, DPT, dan Polio.

Adakalanya pemberian imunisasi juga tergantung adanya suatu wabah penyakit yang saat itu timbul. Misalnya, di suatu tempat/daerah tertentu terjadi wabah maka dilakukan pemberian imunisasi ke sekolah-sekolah terhadap penyakit tersebut. Biasanya pemberian dilakukan tanpa memandang status imunisasi anak, apakah anak sudah diimunisasi atau belum. Pada anak di atas 5 tahun biasanya imunisasinya sudah TD tanpa Pertusis.

Mendidik anak memang bukan perkara mudah namun tidak sulit juga jika kita bisa mengatasinya dengan benar. Berikut ini bisa anda simak situs parenting dan pendidikan terbaik untuk anak.