Perlukah Imunisasi Di Usia Sekolah Bagian 4

Karena Pertusis biasanya sudah diberikan di bawah usia 5 tahun di mana prevalensi angka kejadiannya lebih tinggi pada anak di bawah usia balita dibandingkan remaja dan dewasa. Apakah tak masalah jika anak yang sudah diimunisasi itu mendapatkan imunisasi lagi yang sama di usia SD? Sebenarnya tidak masalah, tetapi jika anak sudah mendapat imunisasi secara lengkap, tentu tidak perlu diberikan lagi. Kecuali diberikan pada saat terjadinya wabah yang mengharuskan semua anak mendapatkan imunisasi tanpa memandang status imunisasi apakah anak sudah pernah mendapat imunisasi atau belum imunisasi tersebut.

Orangtua umumnya khawatir dengan pemberian imunisasi secara masal di sekolah, terkait dengan penggunaan jarum suntiknya. Apakah digunakan bersama-sama? Penggunaan jarum suntik ketika dilakukan imunisasi di sekolah-sekolah tidak mungkin dilakukan satu jarum untuk beberapa anak. Pasti satu anak satu jarum suntik, jadi sekali pakai. Apa yang harus dilakukan sekolah ketika akan mengadakan program imunisasi di sekolah? Setiap program imunisasi yang akan diadakan di sekolah harus disosialisasikan pada orangtua. Pihak sekolah dapat mengadakan pertemuan dengan orangtua murid atau melalui surat edaran.

Pentingnya Informasi Penyelenggaraan Imunisasi di Sekolah

Pihak sekolah menjelaskan kapan penyelenggaraannya, imunisasi apa yang diberikan, kemungkinan efek samping yang bisa dialami serta seperti apa penanganannya. Jangan lupa untuk membuat surat pernyataan setuju yang ditandatangani orangtua untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Intinya, semua harus melalui sosialisasi dan komunikasi. Jika pihak sekolah tidak menyosialisasikan, ada kemungkinan orangtua pun khawatir dan takut untuk membolehkan anaknya diimunisasi dan menganggap imunisasi tak penting untuk diberikan.

Bagaimana bila orangtua tidak membolehkan anaknya disuntik imunisasi di sekolah? Menyetujui atau tidak anak diberikan imunisasi di sekolah merupakan hak orangtua. Ada orangtua yang ingin imunisasi anaknya diberikan oleh dokter di klinik atau rumah sakit. Dalam hal ini, sosialisasi dan komunikasi yang baik oleh pihak sekolah mengenai program imunisasi di sekolah menjadi sangat penting. Di kelas berapa saja biasanya ada imunisasi di sekolah?

Biasanya imunisasi di sekolah diadakan untuk anakanak kelas 1 dan 6 SD. Bagaimana dampaknya bila anak tidak diimunisasi di usia SD? Imunisasi memang tidak menjamin 100% anak tidak terkena penyakit. Namun, imunisasi bisa mencegahnya hingga 80-95% sehingga jika terjangkit penyakitnya, risiko yang dialami akan lebih ringan dibanding jika tidak diimunisasi.

Memberikan pendidikan mengenai gaya hidup yang sehat untuk anak sangat penting agar mereka terbiasa sejak dini. Berikut ini situs rekomendasi portal gaya hidup sehat yang bisa anda simak.