Sugar Pineaviators Blog

Tenis Incar Emas di Ganda Campuran

Christopher Rungkat akan berpasangan dengan Aldila Sutjiadi untuk meraih medali emas Asian Games 2018. Pasangan ganda campuran ini diharapkan bisa memenuhi target dalam cabang tenis Asian Games nanti. Ketua Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia, Rildo Ananda Anwar, mengatakan bahwa Christo—panggilan Christopher—memiliki peringkat ganda 100 besar dunia sehingga bisa dimaksimalkan untuk turun di nomor ganda campuran. “Saya harapkan bisa meraih emas bersama Aldila,” ujar Rildo.

Aldila Sutjiadi

Saat ini Christo menempati peringkat ke-108 dunia untuk ganda seperti dilansir Asosiasi Tenis Profesional (ATP) pada pekan ini. Ia juga baru menyelesaikan turnamen Nielsen Pro Tennis Championships berpasangan dengan petenis asal Venezuela, Roberto Maytin, yang berakhir menjadi finalis. Di babak final, mereka harus mengakui keunggulan pasangan Jeevan Nedunchezhiyan (India) dan Austin Krajicek (Amerika Serikat). Sedangkan Dila—panggilan Aldila—dalam kategori ganda saat ini masih berada di posisi ke-734 dunia.

Petenis putri kelahiran Jakarta itu juga tengah ikut turnamen ITF Pro Women’s Circuit yang diselenggarakan Pelti pada pekan ini. Perbedaan peringkat yang jauh antara Christo dan Dila dinilai bukan sebuah masalah. Rildo menyatakan bahwa Christo yang mengatakan cocok bermain dengan Dila. “Alasan Christo karena Aldila mempunyai tipe permainan yang menyerang.

Jadi Christo bisa memanfaatkan kemampuan Aldila ini,” ujar Rildo. Cabang tenis di Asian Games 2018 terdiri atas lima kategori, yakni tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran. Pertandingan tenis dalam Asian Games sendiri akan dimulai pada 19 Agustus 2018 di Jakabaring, Palembang. Persiapan terakhir untuk mencapai prestasi pada ajang Asian Games akan dilakukan. Bukan hanya atlet yang ditargetkan meraih medali emas.

Rildo mengatakan sekitar empat atau lima hari sebelum hari H, pemusatan latihan akan digelar untuk seluruh atlet tenis yang rencananya diadakan di Bali untuk menyatukan tim. Adapun batas waktu pendaftaran atlet tenis yang akan berlaga di Asian Games 2018 akan jatuh pada 18 Agustus. Sejauh ini, PP Pelti telah menyiapkan enam nama, tapi panitia hanya mengabulkan lima nama untuk ikut berlaga. Rildo menyebutkan lima nama tersebut sudah dapat dipastikan, tapi baru akan diumumkan dalam waktu dekat.